Kawasan Permukiman di Perbatasan Oepoli Harus Didesain Secara Baik

OELAMASI,NTT PEMBARUAN.com – Kawasan permukiman di perbatasan Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur yang berbatasan langsung dengan Distric Oecusi, Negara Timor Leste harus ditata, didesain dan dibangun secara baik.

Oepoli merupakan salah satu gerbang masuk Timor Barat, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),  kata Pelaksana Tugas Seketaris Daerah (Plt Sekda) Kabupaten Kupang, Maclon Joni Nomseo saat membuka kegiatan penyusunan perencanaan kawasan perbatasan Oepoli di Kantor Bupati Kupang,  Kamis ( 13/9/2018).

Materi yang dibahas adalah  focus group discussion,penyusunan perencanaan kawasan permukiman perbatasan lokasi prioritas II , Oepoli,  Kecamatan Amfoang Timur,  Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Atas nama pemerintah kabupaten (Pemkab) Kupang, Nomseo berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat (Pempus), pemerintah provinsi (Pemprov NTT),  dan seluruh stakeholder yang melaksanakan penyusunan perencanaan di Kabupaten Kupang.

Baca juga :  Pemulihan Ekonomi NTT, Gubernur Minta Dukungan Semua Pihak

Oepoli, kata Nomseo, merupakan gerbang masuk  dari Negara Timor Leste ke Indonesia yang pembangunan kawasan permukiman dan infrastrukturnya harus didesain secara baik dari sekarang, sehingga menghasilkan bangunan yang bagus di kemudian hari.

Ia melihat, bangunan-bangunan yang sudah dibangun sebelumnya  karena tanpa melalui perencanaan yang matang , hasilnya pun asal jadi. Sering pindah-pindah membangun karena masalah tanah tidak cocok dan lain sebagainya akibat perencanaan yang tidak baik.

Sementara Perwakilan Tim Teknis Dit.PKP Kementerian PUPR,Ryandika  yang hadir  pada kesempatan itu mendukung penyelenggaraan pengembangan kawasan permukiman, khususnya di kawasan perbatasan perlu  dilakukan suatu perencanaan yang terarah,terpadu dan implementatif. Oleh karena itu, Sub Direktorat Kawasan Permukiman Khusus, Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman pada tahun anggaran 2018 menyusun perencanaan kawasan permukiman perbatasan lokasi prioritas II , Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang.

Baca juga :  Hari Pelanggan, PLN Luncurkan Layanan Super Merdeka UMKM/IKM

Dari perencanaan tersebut, ia berharap,  dapat menjadi panduan pengembangan kawasan perbatasan, sehingga dapat tumbuh menjadi kawasan layak huni,  berdaya saing serta berkelanjutan. “Kesejahteraan masyarakatlah yang menjadi prioritas utama. Karena itu, masukan dari semua pihak sangat diperlukan demi penyempurnaan perencanaan ,sehingga bisa memperoleh hasil yang komprehensi,”harapnya.

Focus group discussion bertujuan , pertama, mendapat masukan penentuan konsep master plan perencanaan kawasan permukiman perbatasan lokasi prioritas II Oepoli, kedua, penyampaian desain awal  kawasan perencanaan ,dan    kawasan prioritas perencanaan yang  akan disusun.

Ketiga, penggalian ide tambahan dalam penyusunan master plan perencanaan kawasan permukiman perbatasan lokasi prioritas II Oepoli, dan keempat, penyepakatan kesediaan pemerintah setempat untuk mendukung keberlanjutan program perencanaan kawasan permukiman perbatasan lokasi prioritas II Oepoli. (ade)

Komentar