Jalan Timor Raya Jadi Pusat Pameran Pembangunan 2018

KUPANG, NTT PEMBARUAN. com – Jalan Timor Raya, depan Ex Restauran Teluk Kupang, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang  jadi pusat pelaksanaan pameran pembangunan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun 2018.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Nusa Tenggara Timur (Kadis Kominfo NTT), Drs. Aba Maulaka melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo NTT, Maxi Manafe kepada media ini di Kupang, Kamis (9/8/2018).

Pelaksaaan pameran pembangun tingkat NTT ini akan diikuti 22 kabupaten/kota di NTT. Namun, yang sudah menyatakan kesiapan saat ini baru beberapa kabupaten, seperti, Rote Ndao, Sabu Raijua, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Belu, Malaka, dan Timor Tengah Utara (TTU). Sementara kabupaten lain akan menyusul.

Pameran pembangunan yang dilaksanakan sejak 15-24 Agustus 2018 itu  akan dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur NTT, Drs. Robert Simbolon yang dihadiri  lebih kurang 500 undangan dari unsur Muspida Tingkat  NTT, unsur Muspida Tingkat  Kabupaten/Kota se-NTT, TNI/Polri, tokoh masyarakat (Tomas), tokoh pemuda (Topem), tokoh agama (Toga), lembaga perguruan tinggi, LSM, para pelajar se-Kota Kupang dan masyarakat umum.

Baca juga :  RSUD Umbu Rara Waingapu Jadi Pelanggan Premium Pertama di Sumba

Thema yang diusung pada HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 “ Kerja dan Energi” dengan Slogan”Kerja Kita , Prestasi Bangsa”. Sub Thema Pameran Pembangunan Daerah Provinsi NTT “Kita Bersama Kerja Dengan Energi Baru Untuk NTT Bangkit Menuju Masyarakat Sejahtera”.

Pameran ini bertujuan untuk mengisi rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2018 dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional serta memantapkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat , khususnya generasi muda.

Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang makna sejarah perjuangan bangsa Indonesia, serta meningkatkan pemahaman masyarakat akan pemanfatan teknologi informasi dan komunikasi.

Peserta yang dilibatkan dalam pameran itu nanti, yakni Pemda Kabupaten/Kota se-NTT, dinas, instansi, lembaga BUMN, BUMD Tingkat Provinsi NTT, TNI/Polri, pengusaha swasta, kelompok UKM, kelompok informal, lembaga pendidikan formal dan informal, kelompok LSM, sanggar-sanggar, dan lain-lain.

Baca juga :  Gubernur NTT : Kehadiran Kepolisian, Kejaksaan dan TNI Harus Mensejahterakan Masyarakat

Pameran ini diisi dengan lomba drum band antar SLTP, dan SLTA Sederajat, lomba antar masyarakat umum untuk solo kategori pria dan wanita, lomba modern dance antar generasi muda, lomba stand up comedy tingkat generasi muda dan lomba antar perangkat daerah, seperti lomba tarian kreasi daerah do mi fa re.

Pameran ini ingin menunjukkan kepada masyarakat suatu paradigma baru dalam penghayatan terhadap nilai-nilai kemerdekaan bangsa yang telah diperjuangkan penuh pergolakan dalam nuansa masa kini untuk mengisi kemerdekaan itu berbagai macam bentuk pembangunan yang akan diabstraksikan dalam sejumlah kegiatan sesuai perkembangan teknologi maupun kreatifitas individu yang ada melalui media pameran.

“Pameran tahun ini pula merupakan momentum yang strategis dimana kita akan melepas Gubernur NTT yang lama Bapak Frans Lebu Raya dengan program kegiatan yang sudah ada dan telah dilaksanakan serta menerima Gubernur NTT yang baru Bapak Viktor  Laiskodat dengan program dan kegiatan yang baru nanti,” tutupnya

Baca juga :  Konsulat Jenderal RRT Dukung Gubernur NTT Kembangkan Pariwisata

Seperti disaksikan media ini di lokasi pameran, Kamis (9/8/2018) petang, sebagian besar tenda –tenda dari  masing-masing  dinas, lembaga dan instansi  termasuk BUMN dan BUMD termasuk dari beberapa kabupaten/kota mulai terpasang.(ade)

Komentar