Air Terjun Cunca Rami dan Cunca Wulang Obyek Wisata Terpesona di Mabar

AIR  terjun Cunca Rami  dan air terjun Cunca Wulang salah satu obyek wisata terpesona yang  berada di kawasan hutan tropis Mbeliling, Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang,  Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Air terjun Cunca Rami berada di ketinggian 1.200 meter yang memiliki debit air yang cukup besar. Air terjun ini sendiri mempunyai ketinggian sekitar 30 meter. Di dalamnya terdapat kolam alam yang bisa menampung aliran air yang jatuh ke bawah yang dijadikan tempat untuk berenang  bagi wisatawan, baik lokal, nusantara maupun mancanegara.

Airnya sangat jernih ditambah dengan pemandangan sekitarnya yang ditumbuhi pepohonan  hijau menjadikan tempat itu memiliki pesona tersendiri.

Baca juga :  Pemprov NTT dan Sepasi Kerjasama di Bidang Budidaya Sorgum

Pemandangan yang tidak kalah menarik lainnya adalah air terjun Cunca Wulang yang terdapat di kawasan hutan Mbeliling. Air terjun Cunca Wulang berada di ketinggian 200 meter dengan kondisi airnya sangat dingin dan sejuk. Kolam yang terdapat di air terjun ini kurang dalam , sehingga bisa dipakai untuk berenang termasuk anak-anak.  Di lokasi ini, para pengunjung bisa berkeliling dengan memanjat bebatuan, karena bebatuan di sekitar air terjun tidaklah tajam. Jika  pengunjung mempunyai nyali yang cukup besar,  bisa terjun dari atas batu ke sungai. Tetapi, tentu saja harus menanyakan terlebih dahulu kepada pemandu apakah kondisi sungai bisa dikatakan aman jika meloncat dari atas. Karena pada saat musim kemarau biasanya intensitas airnya cendrung berkurang.

Baca juga :  Sony Libing Dikukuhkan Menjadi Pjs Bupati Manggarai

Dari Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten  Manggarai Barat, lokasi air terjun ini berjarak kurang lebih 30 kilo meter yang dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan sewa. Datanglah, dan nikmati keindahan alam kedua air terjun tersebut. (Kanisius Seda)

Komentar