OELAMASI,NTT PEMBARUAN.com- Tahun ini,  Kabupaten Kupang dipercayakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang puncaknya diperingati tanggal 11 Juli 2018 dipusatkan di Gunung Fatuleu, Kabupaten Kupang.

“Sebagai tuan rumah kita sudah menyiapkan lokasinya di Gunung Fatuleu, Kecamatan  Fatuleu Tengah,” kata  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kupang, Paternus Vinsi kepada media ini di Oelamasi, Senin (25/62018).

Gunung Fatuleu  dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Tahun ini, menurut dia, karena lokasi  tersebut merupakan salah satu obyek wisata alam  yang ada di Kabupaten Kupang, sehingga perlu dipromosikan  ke publik.

Terkait persiapan lokasi, pihaknya  sudah melakukan koordinasi dengan Camat Fatuleu Tengah dan para kepala desa (Kades) di wilayah itu. Kegiatan itu akan dihadiri utusan kabupaten/kota se-NTT, utusan Kementerian Lingkungan Hidup, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT termasuk jajaran Dinas Lingkungan Hidup NTT.

Baca juga :  Kapolres Mabar Tinjau Gerai Vaksin Presisi di SMK Stella Maris Labuan Bajo

Peringatan Hari Lingkungan Hidup itu nantinya ditandai dengan penanaman pohon  yang bisa bertahan hidup pada musim kemarau seperti sekarang.  “Kami  minta ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi NTT untuk menanam anakan pohon yang berpeluang hidup pada musim kemarau seperti sekarang,  sehingga tidak menjadi mubazir,” kata  Vinsi.

Menyinggung kondisi medan jalan dari Kota Kupang menuju lokasi Gunung Fatuleu, kata Vinsi,  jalannya sudah hotmix dan bisa ditempuh  dengan kendaraan roda empat dan roda dua dalam tempo satu setengah jam dari Kota Kupang.

“Semua biaya sudah merupakan tanggungjawab Pemprov NTT melalui Dinas Lingkungan Hidup NTT, sedangkan tugas kami hanya menyiapkan lokasi acaranya saja,” tandasnya. (ade)